Meminta Bantuan ketika bekerja disebuah Tim

Topic created · 1 Posts · 25 Views
  • Tulisan ini adalah sebuah rangkuman dari video Youtube dari channel funfunfunction berikut https://www.youtube.com/watch?v=qe1ZAy2yNvE

    Ada 3 cara meminta dan memberikan bantuan dalam sebuah tim

    1. Kode arkeologi
    2. Buddy sistem
    3. Pair programming

    Kode Arkeologi

    Biasanya terjadi ketika seseorang yang menulis kode sebelumnya sudah berada ditempat lain (mungkin resign), jadi yang kamu lakukan adalah mencoba membaca kodenya sendiri, tanpa bantuan orang lain. Yang dirasakan biasanya bingung dan takut melakukan perubahan pada kode tersebut, jadi yang bisa dilakukan adalah mengubah sedikit demi sedikit dengan penuh kewaspadaan.

    Tidak ada dokumentasi maupun unit test yang bisa diandalkan. Mungkin kamu sudah pernah mengalami hal seperti ini, tapi ini bukanlah cara yang produktif dilakukan dalam sebuah tim dan bisa banyak menghabiskan waktu. Cara kerja tim yang lebih baik adalah memiliki Buddy sistem yang akan dijelaskan dibawah

    Buddy sistem

    Sebuah tim mengalokasikan seseorang atau waktu untuk membantu seseorang yang baru masuk dalam sebuah tim/proyek baru.

    Orang yang mendapat tugas untuk membantu developer yang baru harus menyediakan waktunya untuk membantu orang tersebut, bahkan mendorong developer tersebut untuk bertanya tanpa beban.

    Pastikan jika kamu diposisi sebagai developer baru tersebut jangan malu untuk bertanya gunakan fasilitas ini jika ada, bahkan jika kamu merasa malu bertanya (biasanya seseorang malu bertanya, karena ingin membuktikan bahwa dirimu bisa melakukannya sendiri).

    Pair programming

    Pair programming metode yang difavoritkan oleh MPJ.
    Metode ini dilakukan oleh 2 orang yang berperan sebagai :

    • Driver : orang yang memegang keyboard (Orang baru atau masih belum familiar dengan kode projek)
    • Navigator : orang yang mengarahkan driver (Biasanya sudah familiar dengan kode projek)
      Kode review adalah salah satu cara berbagi pengetahuan dalam tim. Dengan melakukan pair programming kamu seperti melakukan kode review selama proses pair programming tersebut.

    Pesan untuk Senior developer

    Jika kamu diberikan tanggung jawab untuk membantu seseorang yang baru terjun dalam proyek. Luangkan waktu untuk membantu orang tersebut, dan dorong dia untuk menanyakan pertanyaan. Jangan tinggalkan dia seorang diri dan menuntutnya harus menyelesaikannya sendiri.

    Pendapat Pribadi

    Dari rangkuman diatas, saya melihat bahwa MPJ ingin menghimbau agar membudayakan kebiasaan bertanya tanpa takut untuk dicela dalam sebuah Tim.

    Bagaimana menurut teman-teman yang lain, apa punya pengalaman atau tips yang bisa dibagi untuk membangun budaya seperti itu?

Pengumuman!

Untuk yang baru join, jangan lupa perkenalkan dirimu disini ya

Juga jangan lupa baca ketentuan penggunaan di forum ini. Rekan-rekan bisa lihat disini.

Buat yang penasaran alasan dibuatnya forum BaliJS ini silakan baca disini.

Utas Populer Bulan Ini

Semeton Online

Forum Stats

0
Online

123
Users

91
Topics

453
Posts