Berkenalan dengan Javascript

Topic created · 5 Posts · 45 Views
  • Halo teman-teman semua! Semoga teman-teman dalam keadaan sehat ya.
    Kenalin, nama saya Made Aryadi, saya seorang front end web developer. Kali ini saya ingin sharing nih tentang javascript, lebih tepatnya saya ingin sharing tentang pengenalan awal mengenai bahasa pemrograman javascript. Tulisan ini nantinya akan cocok dibaca oleh teman-teman yang baru akan belajar pemrograman atau baru akan mempelajari bahasa pemrograman javascript.
    Oh ya, di sini saya sama sekali tidak ingin menggurui teman-teman, saya di sini murni ingin berbagi pengetahuan yang saya miliki, oleh karena itu jangan ragu-ragu untuk memberi kritik dan saran, ya.

    Oke, sebelum melanjutkan membaca, ada baiknya kita semua menanyakan hal ke diri sendiri yang menurut saya cukup penting dan jawabannya juga hanya diri kita sendiri yang tahu, pertanyaannya adalah:
    Mengapa belajar Javascript?

    RUANG LINGKUP

    Hmmm jadi ingat skripsi. Maksud saya di sini adalah untuk memberi gambaran mengenai apa saja yang akan dibahas dalam tulisan ini.
    Pertama, kita akan membahas tentang apa sih sebenarnya bahasa pemrograman javascript? (untuk kedepannya dalam tulisan ini “bahasa pemrograman javascript” akan saya singkat penyebutannya menjadi “javascript” saja, oke? Sip).
    Kedua, kita akan sedikit mebahas istilah-istilah atau jargon apa saja yang biasa digunakan ketika membahas konsep mengenai javascript secara khusus dan bahasa pemrograman secara umum.
    Ketiga, kita coba melihat kira-kira konsep apa saja yang nantinya akan kita pelajari ketika ingin lebih mendalami javascript

    APA ITU JAVASCRIPT?

    Javascript Secara Umum

    Javascript adalah bahasa pemrograman yang pada awalnya ditujukan untuk menambahkan program pada halaman web. Jadi pada awalnya, javascript hanya dapat berjalan di browser. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya kepopuleran, javascript akhirnya tidak hanya dipakai untuk pemrograman halaman web, misalnya saja muncul NodeJS yang merupakan runtime environment memungkinkan javascript untuk digunakan sebagai bahasa pemrograman yang berjalan pada server.
    Javascript tidak ada hubungannya dengan bahasa pemrograman Java, jadi penamaan javascript murni penamaan dan tidak ada sangkut pautnya dalam hal teknis. Saya baca gosip sih itu dulu untuk dompleng ketenaran Java makanya dinamakan Javascript, hehehe.

    ECMAScript

    Javascript sendiri memiliki dokumen standar yang berisikan bagaimana javascript itu bekerja, atau bisa dianalogikan sebagai buku manualnya gitu. Dokumen ini dinamakan ECMAScript Standard dan dibuat oleh organisasi bernama ECMA International. Nantinya ketika teman-teman belajar pemrograman lebih jauh, dokumentasi itu sangat penting ya!
    Untuk javascript, hal-hal mengenai dokumentasinya dapat dilihat juga lewat MDN.
    Kenapa saya menjelaskan tentang ECMA ECMA ini? Apa sih tujuannya? Oke, pertama, ECMAScript adalah nama lain dari javascript, jadi dua hal tersebut mengacu kepada hal yang sama. Kedua, javascript ini memiliki versi, versi 1,2,3 dst. Penting untuk dicatat bahwa nantinya dalam membahas konsep, sebaiknya kita mengacu kepada versi javascript yang sama terlebih dahulu. Pada umumnya, versi dari javascript disebutkan dalam bentuk ES3, ES5, ES6, dll. ES di sini adalah singkatan dari ECMAScript dan angkanya mengacu kepada versi dokumen yang dirilis atau bisa dibilang versi dari javascript itu sendiri, misalkan ECMAScript version 6 disingkat menjadi ES6.

    Karakteristik Javascript

    Menurut saya, javascript adalah bahasa pemrograman yang cukup ramah untuk pemula namun akan sangat sulit nantinya untuk menguasainya. Kalo orang bule biasa bilang “easy to learn, difficult to master”. Kenapa saya bilang begitu? Karena javascript ini adalah bahasa pemrograman yang cukup fleksibel, fleksibel di sini maksud saya adalah tidak banyak aturan-aturan untuk menuliskan kode programnya. Oh berarti bahasa pemrograman lain yang tidak fleksibel adalah bahasa yang lebih buruk dong? Belum tentu juga, nantinya akan nampak kekurangan-kekurangan yang ditimbulkan oleh bahasa yang fleksibel ini. Jadi, tidak ada bahasa yang lebih baik dari bahasa lainnya, yang berpengaruh adalah mau dipakai untuk apa bahasa pemrograman yang bersangkutan dan bagaimana implementasinya. Oke lanjut, selain fleksibel javascript juga adalah high-level programming language ya. High-level programming language itu apa? Jadi high-level atau low-level itu mengacu kepada level abstraksi yang ada pada bahasa pemrograman tersebut. Semakin low-level berarti semakin sedikit abstraksinya dan semakin dekat juga ke bahasa mesin. Abstraksi di sini bukan abstrak dalam lukisan atau linguistik, tapi abstraksi matematika, oke gapapa kalo belum paham-paham banget saya juga dulu pertama kali denger istilahnya bingung, tapi yang pasti high-level atau low-level di bahasa pemrograman itu bukan seperti kita main game RPG ya makin tinggi levelnya makin bagus, balik lagi ke penggunaannya bagaimana. Semua tergantung situasi dan tidak ada bahasa yang lebih baik dari yang lain jika dilihat secara secara umum.

    ISTILAH-ISTILAH YANG NANTINYA AKAN SERING KITA TEMUI

    Di sini saya akan memberikan beberapa istilah yang biasanya dipakai ketika membahas konsep pemrograman, tidak semua bisa saya rangkum tapi paling tidak nantinya kita akan menemui istilah-istilah ini dalam belajar dasar pemrograman.

    Case Sensitive

    Case sensitive berarti bahwa huruf kapital dan huruf kecil diperhatikan dalam suatu kata.
    Contoh: jika case sensitive maka ‘Budi’ dianggap tidak sama dengan ‘budi’. Sebaliknya jika bukan case sensitive maka ‘Budi’ akan dianggap sama dengan ‘budi’.

    Literals

    Literals adalah notasi yang menggambarkan sebuah nilai atau value dalam bahasa pemrograman. Nantinya konsep literal ini akan kita bahas pas kita bahas konsep variabel. (Untuk kedepannya, nilai akan saya sebut sebagi value)

    Identifier

    Identifier adalah notasi yang digunakan untuk mengidentifikasi entah itu variabel atau fungsi dalam pemrograman, intinya dipakai untuk mengidentifikasi dan seringkali tidak boleh ada yang sama. Sekali lagi, nanti ini akan kita bahas lagi ketika membahas konsep variabel.

    Comments

    Comments maksudnya bukan seperti komen medsos ya. Jadi nanti ketika kita menulis program, kita bisa menambahkan comment yang bertujuan untuk memberi keterangan terhadap kode yang kita tulis.

    Expression

    Expression bisa dikatakan adalah bagian dari kode program yang menghasilkan value.

    Statement

    Bahasa pemrograman tersusun atas statement-statement. Statement pada umumnya berisikan instruksi-instruksi dan kadang didalamnya terdapat expression atau kombinasi beberapa expression.

    Indentation

    Indentation atau indentasi adalah salah satu bentuk format penulisan kode dan bertujuan untuk memudahkan kita dalam membaca kode nantinya. Indentasi ini cukup penting nantinya jadi jangan sampai mengabaikan indentasi ya!

    Merasa bingung? Gapapa bingung, wajar, bingung menandakan bahwa kita sedang berpikir. Apalagi saya hanya memberikan pengertian-pengertian singkat dan minim contoh, hehe. Nanti seiring dengan kita mempelajari javascript lebih dalam, maka hal-hal diatas akan semakin masuk akal. Semangat, jangan gampang menyerah!

    APA SAJA YANG NANTI AKAN DIPELAJARI LEBIH LANJUT?

    Saya akan kasi nih daftar topik-topik atau konsep-konsep dalam mempelajari dasar javascript selanjutnya yang akan saya tulis dan bagikan di forum ini, antara lain adalah:

    • Variable
    • Value
    • Operator
    • Conditionals
    • Array
    • Loops
    • Functions
    • Objects
    • Classes

    Pentingnya belajar hal fundamental.

    Menurut saya, hal terpenting dalam mempelajari sesuatu adalah fundamental atau basic atau dasar. Jujur, saya walaupun sudah bekerja dan setiap hari berkutat dengan javascript, tapi saya masih sempatkan diri membaca artikel atau buku tentang javascript dasar. Iya saya sering mengulang-ulang membaca suatu konsep yang sama dari berbagai sumber. Karena apapun hal fancy atau ngetren yang ingin kalian pelajari di dalam dunia javascript, semuanya dibangun dari fundamental javascript itu sendiri. Menurut saya juga, ketika pemahaman kita terhadap hal fundamental kurang baik, maka kita akan berpotensi lebih sering memproduksi bug dalam program yang kita buat. Jadi ingat, yang terpenting adalah fundamental.

  • @made wohooo mantappss, ditunggu lanjutannya 🎉

  • @alfrcr hehehe terimakasih-terimakasih

  • @made nahh mantapp 👍

  • @alfinsuryaS terimakasiiih

Pengumuman!

Untuk yang baru join, jangan lupa perkenalkan dirimu disini ya

Juga jangan lupa baca ketentuan penggunaan di forum ini. Rekan-rekan bisa lihat disini.

Buat yang penasaran alasan dibuatnya forum BaliJS ini silakan baca disini.

Utas Populer Bulan Ini

Semeton Online

Forum Stats

0
Online

123
Users

91
Topics

453
Posts